Tuesday, October 11, 2011

Edubuntu: Cara Murah dan Mudah Mengelola Komputer Sekolah

Edubuntu adalah sistem operasi yang berasal dari keluarga Ubuntu. Jika Ubuntu diperuntukkan untuk kegunaan sehari-hari, maka Edubuntu digunakan untuk pendidikan. Itu sebabnya terdapat awalan Edu yang menunjukkan Education.


Sama seperti Ubuntu, Edubuntu dapat Anda dapatkan secara cuma-cuma alias gratis. Anda dapat mendownload Edubuntu pada alamat http://www.edubuntu.com. Semua aplikasi yang terdapat pada Ubuntu terdapat pula pada Edubuntu ditambah aplikasi lain yang berhubungan dengan pendidikan.Terdapat. Berikut beberapa aplikasi yang berguna bagi sekolah Anda:


KDE Education Project
Kumpulan aplikasi pendidikan yang diperuntukkan mulai dari preschool sampai universitas. Anda dapat membuka website mereka pada alamat http://edu.kde.org untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegunaan masing-masing. Gambar di bawah ini adalah beberapa aplikasi pendidikan dari KDE.


A) Blinken: Melatih memory jangka pendek.
B) Khangman: Permainan tebak kata.
C) Marble: Menjelajahi bola dunia.
D) Kanagram: Permainan acak kata.
E) Ktouch: Belajar mengetik 10 jari.
F) Kalzium: Mempelajari Tabel Periodik.
G & H) Ktuberling: Menempelkan berbagai macam objek pada layar. Belajar kreativitas.
Dan masih banyak lagi aplikasi lain dari KDE.


GCompris
Berikut adalah penjelasan mengenai Gcompris dari website mereka (http://gcompris.net/-id-):
GCompris adalah perangkat lunak pendidikan yang berisi berbagai macam kegiatan untuk anak usia 2 sampai 10 tahun. Beberapa kegiatan berorientasi permainan tapi tetap mendidik. Di bawah ini anda dapat melihat daftar kategori yang berisi berbagai macam kegiatan.
-  pengenalan komputer: papan ketik (keyboard), tetikus (mouse), berbagai macam penampilan tetikus,
-  aljabar: tabel memori, urutan, tabel pemasukan ganda, mencerminkan gambar.
-  ilmu pengetahuan alam: pintu kanal, siklus air, kapal selam, rangkaian listrik.
-  geografi: menempatkan negara pada peta.
-  permainan: catur, memori, sambung 4, oware, Sudoku.
-  membaca: latihan membaca.
-  lain-lain: mengenali jam, teka-teki gambar, menggambar vektor, membuat animasi.
Saat ini GCompris berisi lebih dari 100 kegiatan dan masih terus dikembangkan. GCompris adalah perangkat lunak bebas, yang berarti anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anda, mengembangkannya, dan yang paling penting, berbagi dengan anak-anak di seluruh dunia.

.
Gcompris
A) Mempelajari Angka
B) Melatih pendengaran dan ingatan nada.
C) Mempelajari siklus air.
D) Melatih koordinasi tangan dan mata.
E) Mempelajari penunjuk waktu.
F) Membedakan tangan kanan dan tangan kiri.


Tux4kids Edutainment Suite  (http://tux4kids.alioth.debian.org)
Tux adalah nama yang diberikan untuk ikon linux yang berwujud penguin. Tux4kids memiliki satu prinsip yakni menggabungkan pembelajaran dan permainan ke dalam satu paket yang memikat. Terdapat beberapa aplikasi populer dari Tux ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:
tux
A) TuxPaint: Permainan/pembelajaran untuk melukis.
B & D) TuxMath: Permainan/pembelajaran Matematika.
C) TuxType: Permainan/pembelajaran mengetik.

Gnome Nanny (http://projects.gnome.org/nanny/)
Gnome Nanny bertujuan untuk menjaga anak atau siswa dari konten yang tidak baik di Internet (Gambar A) selain itu Gnome Nanny juga dapat membatasi waktu akses komputer bagi anak atau siswa (Gambar B).
GnomeNanny

iTalc (http://italc.sourceforge.net/)
Jika Anda adalah seorang admin atau teknisi laboratorium sekolah, mungkin Anda pernah mendengar aplikasi yang berjudul NetOp School. Aplikasi iTalc ini memiliki banyak kesamaan dengan NetOp School yang berbasis Windows. Namun NetOp School (versi 6) saat ini dijual dengan harga termurah mulai dari $400 untuk 1 guru dan 10 siswa. Sedangkan iTalc berharga $0 untuk jumlah guru tak terhingga dan jumlah siswa tak terhingga pula. Tidak perlu perhitungan yang rumit untuk mengetahui mana yang lebih menguntungkan. :)
Dengan menggunakan iTalc pada laboratorium komputer, Anda dapat melihat masing-masing monitor siswa dan juga dapat mengendalikannya. Selain itu Anda tidak perlu sebuah LCD projector untuk mendemokan aplikasi pada siswa. Anda cukup membuka iTalc, kemudian pilih pilihan Demo, maka layar monitor Anda akan dapat dilihat pada setiap layar monitor siswa. Dengan demikian, masing-masing siswa dapat mengikuti demonstrasi atau tutorial yang diberikan oleh guru dengan jelas baik itu yang di depan kelas maupun yang diujung kelas.
iTalc
LTSP (Linux Terminal Server Project- http://ltsp.org)
Linux Terminal Server Project memang terdengar sangat teknis. Namun jangan terkecoh dengan namanya. Cara instalasi dan penggunaannya pun sangat mudah. Anda cukup mencentang kotak LTSP pada saat instalasi Edubuntu, maka aplikasi ini dapat langsung Anda gunakan.
Berikut ilustrasi penggunaan LTSP di sekolah:
Suatu sekolah memiliki beberapa unit komputer yang sudah tertinggal teknologinya. Beberapa unit bahkan tidak memiliki harddisk dan CDROM. Pimpinan sekolah meminta untuk membuang unit-unit tersebut.
Beruntung teknisi TIK sekolah membaca sekilas mengenai LTSP. Berbekal satu unit server, switch dan kabel jaringan, semua unit komputer lama yang tidak memiliki harddisk dan CDROM (thin client) dapat berfungsi kembali, dengan kecepatan yang sama, yakni kecepatan pada server.
Akses internet pun cukup dihubungkan di server tidak perlu diset untuk masing-masing unit komputer. Jika ingin menginstall atau menghapus sebuah aplikasi, cukup dilakukan di server, maka seluruh thin client akan terinstall atau terhapus. Karena sekali lagi, apa yang terinstall di server adalah apa yang terinstall di thin client. Untuk mempermudah penjelasan, silakan perhatikan tampilan gambar di bawah ini.

LTSP

Untuk penjelasan cara pemanfaatannya dapat Anda ikuti di web www.dbe3elearning.net.
Aplikasi-aplikasi di atas hanyalah sebagian dari apa yang ditawarkan oleh Edubuntu. Terdapat ratusan aplikasi lain yang dapat Anda pergunakan di sekolah. Sebagai penutup dari pengenalan Edubuntu ini, saya ucapkan Selamat bereksplorasi!

dikutip dari: e-learning dbe

No comments:

Post a Comment

Post a Comment